Tuesday, November 15, 2016

Permodalan Koperasi Serta Efek-Efek Ekonomis Koperasi


1.      PengertianModal koperasi adalah sejumlah dana yang digunakan untuk melaksanakan usaha-usaha koperasi
Sumber-Sumber Modal Koperasi
a.       Modal Dasar,dalam modal dasar ini terbagi menjadi 2 yaitu :
·         Modal Jangka Panjang : Fasilitas fisik
·         Modal jangka pendek : Kegiatan Opearsional
b.      Modal Sendiri
·         Simpanan Pokok adalah sejumlah uang yang wajib disetorkan ke dalam kas koperasi oleh para pendiri atau anggota koperasi pada saat masuk menjadi anggota.
·         Simpanan Wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.
·         Dana Cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari sebagian hasil usaha yang tidak dibagikan kepada anggoya.
·         Hibah bantuan, sumbangan atau pemberian cuma-cuma yang tida mengharapkan pengembalian atau pembalasan dalam bentuk apapun.
c.       Modal Pinjaman
·         Pinjaman dari anggota
·         Pinjaman dari koperasi lain
·         Pinjaman dari lembaga lain
·         Obligasi dari surat utang
2.      Efek-efek ekonomi koperasi
a.       Efek harga dan efek biaya
Efek ini menjelaskan mengenai perbedaan anatara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.
b.      Analisis hubungan efek ekenomis dengan keberhasilan koperasi
Dalam badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Ditinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota.
c.       Penyajian dan analisis neraca pelayanan
Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat.

0 comments:

Post a Comment

 

Ema dwi winarti Template by Ipietoon Cute Blog Design