Jumat, 31 Mei 2013

RUANG LINGKUP JARINGAN KOMPUTER

Jaringan computer (computer network) adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Server merupakan pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja (workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur kegiatan pengguna computer atau pemakai (user), dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi untuk menangani (file) yang dapat diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.



Client adalah perangkat yang akan terhubung ke jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa computer, tetapi dapat juga berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang pemakai computer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta oleh client.
Agar proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut saling berkomunikasi dengan baik.

PENGELOMPOKAN JARINGAN KOMPUTER
LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan computer yang menghubungakan computer satu dengan computer lainnya yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan sehingga setiap computer dapat saling berkomunikasi.

Umumnya LAN menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti UTP (Unshielded Twisted Pair) , kabel koaksial, ataupun kabel serat optic. Selain itu, ada juga jaringan yang tidak menggunakan kabel yang disebut sebagai Wireless LAN (WLAN). Kecepatan LAN berkisar 10 Megabyte per Second sampai dengan 1 Gbps.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN pada prinsipnya sama denganl LAN. Akan tetapi, luas wilayah jaringannya lebih besar dibandingkan LAN. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama. Jaringan ini menggunakan media transmisi berupa gelombang mikro atau gelombang radio. Namun, ada pula yang menggunakan jalur sewa (leased line).

WAN (Wide Area Network)
WAN adalah salah satu jenis jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antarkota,antarprovinsi,antarnegara,bahkan antarbenua. Dengan menggunakan sarana WAN, sebuah bank yang ada di Jakarta dapat menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong dalam waktu yang sangat singkat. Biasanya, WAN lebih rumit, lebih kompleks, dan banyak menggunakan sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet. Meskipun demikian, antara LAN,MAN,dan WAN tidak terdapat banyak perbedaan dalam operasionalnya, hanya luas wilayahnya saja yang berbeda.

Internet (International Network)
Internet merupakan gabungan dari LAN,MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Oleh sebab itu, internet juga merupakan sebuah jaringan computer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar