Thursday, October 23, 2014

Pengertian cinta dan manfaat cinta bagi manusia

Definisi cinta


cinta adalah rasa saling mengasihi dan memberikan perhatian kesesama dan tidak ada batasnya untuk seseorang bisa mencintai orang lain yang penting kalau orang lain itu memang tepat untuk dicintai dan di kasihi
cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut
Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
1. Perasaan terhadap keluarga
2. Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
3. Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
4. Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
5. Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
7. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
8. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
9. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Manfaat cinta bagi manusia

Jatuh Cinta Bagi Kesehatan Kita. 
Mengurangi depresi dan stress
Health and Human Services menyatakan bahwa cinta dan kasih sayang bisa mengurangi depresi baik bagi laki-laki maupun perempuan. Karena jatuh cinta memberi sinyal untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Studi lain juga menyatakan bahwa memandang foto pasangan mampu meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak. Hormon tersebut berkaitan dengan rasa optimis. Sehingga dapat mengurangi kadar stress.

Menurunkan tekanan darah
Penelitian dari Annals of Behavioral Medicine menyatakan rasa cinta dari pasangan kekasih, keluarga serta orang sekitar memberikan energy positif yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena rasa nyaman yang diberikan dapat mengontrol tekanan darah.

Menghindari rasa cemas
Hasil penelitian dari State University of New York yang menggunakan MRI fungsional untuk melihat otak orang yang sedang jatuh cinta, menyatakan bahwa saat jatuh cinta otak mengatur tubuh untuk merasa tenang. Jatuh cinta mempunyai efek menenangkan rasa cemas yang kadang berlebihan.

Mengatasi rasa sakit dan menyembuhkan luka
Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyatakan bahwa jatuh cinta bisa mengatasi rasa sakit secara alami. Saat jatuh cinta dan merasakan kasih sayang ternyata secara otomatis dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Dan bahkan semakin besar perasaan cinta yang ada maka semakin besar pula efeknya.
Rasa sakit bisa berangsur-angsur hilang. Bahkan kekuatan dari jatuh cinta membuat luka cepat sembuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry.

Meningkatkan sistem imun
Hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa perasaan cinta bisa membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Efek sosial yang ditimbulkan dari jatuh cinta membuat sesorang rajin merawat kesehatan dan kebersihan tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit.

Menurunkan berat badan
Ada lagi efek jatuh yang sangat berguna bagi wanita. Yap agar tidak susah-susah menjalani program diet, untuk menurunkan berat badan jatuh cinta saja. Karena
saat jatuh cinta, tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa membuat tidak nafsu untuk makan. Jadi jatuh cinta dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

Mencegah penuaan dini
Tersenyum dan banyak tertawa saat jatuh cinta bukan hanya membuat kerutan wajah bisa berkurang dan membuat cerah alami. Saat sedang jatuh cinta ternyata tubuh menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit serta sel-sel tubuh.
Wah, banyak sekali manfaat jatuh cinta! Jadi, tak ada salahnya merasakan perasaan jatuh cinta setiap hari ya Dreamers terhadap pasangan ataupun orang sekitar.

Manfaat Cinta Bagi Tubuh Anda
Memperpanjang umur Anda
Meski sebagian mengejek bahwa mengikat janji sehidup semati berarti “membuang hidup anda,” kenyataannya apa yang mereka katakan tidak sepenuhnya salah. Hasil penelitian berkali-kali menunjukkan pasangan menikah memiliki umur yang lebih panjang, bahkan lebih panjang dari mereka yang tidak menikah namun tinggal serumah. Alasan utama ialah bahwa mayoritas orang dengan hubungan jangka panjang yang sehat secara keseluruhan sedikit mengalami stres, mengurangi risiko gangguan kesehatan. Mereka juga cenderung lebih aktif, sedikit merokok dan minum dibanding teman-teman mereka yang lajang. Contohnya sebuah studi dari Duke University, Carolina Utara menemukan bahwa orang-orang yang tidak menikah berisiko dua kali lebih cepat meninggal dibanding mereka yang menjalani hubungan stabil dalam jangka panjang.
 
Meningkatkan kesAndaehatan 
Jatuh cinta terbukti bisa mengurangi risiko beragam penyakit, termasuk kanker, darah tinggi, stroke dan depresi. Mengurangi tingkat stres Anda merupakan berkah yang terus mengalir; yang berdampak Anda juga akan membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Sedangkan, (dalam studi dari Wilkes University, Pennsylvania) melakukan seks selama satu pekan sekali dikaitkan dengan tingkat antibodi A yang lebih tinggi, super antobodi yang menyingkirkan batuk dan penyakit menjengkelkan lainnya.
Aktivitas bercinta secara rutin itu juga membuat tidur malam Anda lebih nyenyak. Hormon oksitosin dalam tubuh membuat Anda lebih santai. Banyak sekali manfaat dari kualitas tidur yang baik, termasuk penurunan berat badan dan tekanan darah serta memiliki lebih banyak energi selama berhari-hari – sama seperti habis melakukan olahraga.
Anda membakar lebih banyak kalori
Meskipun tidak sama dengan berolahraga menggunakan sepeda statis selama 45 menit, bercinta selama setengah jam bisa membakar 100-200 kalori (tergantung seberapa semangat Anda melakukan hal itu). Bahkan bercinta selama 20 menit saja berpotensi membakar 60 kalori. Mungkin pada awalnya tidak terlihat, namun melakukan beberapa kali dalam sepekan bisa benar-benar berdampak, dan bercinta tentu saja lebih menyenangkan dibanding berolahraga.
Berpelukan bisa lebih dari sekedar menghangatkan
Siapa yang tidak mencintai pelukan mesra? Meluangkan waktu untuk bercumbu bersama kekasih Anda terbukti menghasilkan beberapa manfaat yang mengejutkan. Berpelukan, bercumbu dan berpegangan tangan memicu pelepasan hormon oksitosin “yang baik,” dan pelepasan endorphin yang serupa dengan kondisi tubuh Anda pasca berolahraga, setelah memakan cokelat atau pasca merasakan orgasme.  
Di tingkat terdalam, sebuah pelukan hangat terbukti menurunkan darah tinggi dan membantu kita mengatasi stres setiap harinya. Untungnya bagi kita para wanita, sebuah studi dari University of California beberapa waktu lalu bahkan membuktikan bahwa berpegangan tangan dengan kekasih anda memiliki efek anastesi, menjadikan kita lebih tahan terhadap sakit. Jadi ketika jari anda teriris atau mengalami sakit kepala, mintalah sebuah pelukan.
Melancarkan sirkulasi darah
Tidak haya berdampak sirkulasi darah yang lancar saat Anda sedang bersama-sama… Penelitian menunjukkan bahwa menemukan seorang yang menarik – dan bahkan kencan pertama- bisa meningkatkan fungsi organ. Daya tarik seksual dikabarkan akan meningkatkan sirkulasi darah – bukti bahwa jatuh cinta pada lawan jenis bisa membuat jantung Anda cepat berdenyut. Semua oksigen tambahan menjaga jantung anda dalam kondisi baik, memperbaiki fokus, meningkatkan metabolisme Anda dan bahkan mencerahkan kulit Anda.
Anda terlihat lebih cantik
Dan tidak hanya kulit menjadi cerah… Tidak diragukan lagi seks membuat Anda lebih baik, namun juga bisa membuat anda terlihat lebih cantik juga. Saat Jerry Hall baru-baru ini mengatakan dalam wawancara, “jatuh cinta” merupakan tips kecantikan paling manjur. Namun bukan hanya selebriti yang mengatakan – bukti nyata secara psikologis mendukung teori yang menyatakan cinta mengurangi kosmetik, bedak dan bahkan lipstik yang menggoda.
Tubuh Anda memproduksi estrogen tambahan saat seks, mengimbangkan level hormon dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri untuk memproduksi pengobatan jerawat yang paling efektif secara alamiah.
Dan ada kabar yang sangat baik, seks juga dikenal  dapat memproduksi kolagen, hormon yang mengatasi keriput dan kulit kering. Saat kita semakin tua tingkat produksi kolagen secara alami mulai berkurang – alasan utama untuk menjaga romansa di kamar tidur tetap membara.
Anda tetap tenang saat di bawah tekanan
Dorongan adrenalin sebelum kencan mungkin membuat Anda grogi pada saat itu, namun penelitian menyatakan bahwa dorongan perasaaan itu merupakan jenis “stres yang bermanfaat” yang akan menguntungkan Anda dalam jangka waktu panjang. Seperti melompat dari pesawat – Anda mungkin takut pada saat itu, namun Anda akan merasa lega saat Anda sudah mendarat

Manfaat yang kita dapatkan ketika Cinta Kepada Allah :

·         Masa Depan Lancar
·         Disenangi Orang Banyak
·         Harta, Hati dan kemuliaan Terjaga
·         Segala Hal Menjadi Lancar

Sumber:
referensi : 
1.  http://gayahidup.plasa.msn.com/manfaat-cinta-bagi-tubuh-anda 
2.  http://artikelasli.blogspot.com/2013/09/manfaat-cinta-kepada-tuhan.html 
3.  http://instingcinta.blogspot.com/2011/05/arti-cinta-dan-pengertian-cinta.html 
4.  http://students.ukdw.ac.id/~22104878/cinta.htm. 
6.  http://septiani33.blogspot.com/2013/11/pengertian-cinta-menurut-pribadi-masing.html

0 comments:

Post a Comment

 

Ema dwi winarti Template by Ipietoon Cute Blog Design